Minggu, 25 Desember 2011

RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH                               : SMA MAHARDIKA
MATA PELAJARAN               : Sosiologi
KELAS / PROGRAM               : X ( sepuluh )
SEMESTER                             : 2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI      : 
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan  kepribadian

KOMPETENSI DASAR           :
Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap anti  sosial
Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat

INDIKATOR                            :
Mengidentifikasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil  sosialisasi yang tidak sempurna
Mengklasifikasikan jenis – jenis perilaku menyimpang dalam  masyarakat dan di sekolah
Mendiskripsikan  cara – cara menanggulangi terjadinya perilaku  menyimpang.

ALOKASI WAKTU                  : 14 jam x 40 menit


A TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap anti sosial 
Siswa dapat Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat
 
B.     MATERI PEMBELAJARAN         :
1.      Pengertian perilaku menyimpang dan sikap anti sosial
2.      Faktor – faktor penyebab dan akibat perilaku menyimpang dan sikap anti sosial
3.      Upaya mencegah perilaku menyimpang, penerapan pengetahuan hak dan kwajiban
4.      Peran sosial dan status sosial serta penerapannya
5.      Penerapan proses sosialisasi, nilai dan norma, keteraturan sosial
6.      Penerapan hubungan kekeluargaan, antar status, penyesuaian terhadap perubahan.

C.     METODE PEMBELAJARAN        :
1.     Diskusi Kelompok
2.     Tanya Jawab
3.     Penugasan Individu dan Kelompok
4.     Ceramah

D.     LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Kegiatan Awal :
a.      Memeriksa kehadiran siswa, kesiapan siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b.     Siswa dijelaskan keterkaitan perilaku menyimpang dengan nilai, norma dan kepribadian pada materi sebelumnya
c.      Siswa diberikan pengertian tentang perilaku menyimpang, penyebab dan akibatnya.
d.     Siswa diberikan penjelasan tentang upaya mencegah perilaku menyimpang

2.      Kegiatan Inti                :
a.      Siswa dijelaskan penerapan pengetahuan peran sosial dan status sosial
b.     Siswa dijelaskan penerapan pengetahuan nilai dan norma, ketaraturan sosial
c.      Siswa dijelaskan penerapan pengetahuan hubungan kekeluargaan dan antar status
d.     Siswa dijelaskan penerapan pengetahuan penyesuaian terhadap perubahan

3.      Kegiatan Akhir             :
a.      Siswa dan guru melakukan refleksi
b.     Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

E.      SUMBER PEMBELAJARAN        :
1.     Buku materi sosiologi kelas x
2.     Buku LKS untuk siswa
3.     Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.     Gambar – gambar yang relevan
5.     Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb.

F.      PENILAIAN                      :
1.     Teknik              : tes tertulis
2.     Bentuk Instrumen         : tes uraian
3.     Soal Instrumen             :
1)     Jelaskan faktor – faktor penyebab dan akibat dari perilaku menyimpang !
2)     Jelaskan upaya mencegah perilaku menyimpang !
3)     Jelaskan penerapan sosialisasi untuk mencegah perilaku menyimpang !
4)     Jelaskan jenis – jenis perilaku menyimpang !
5)     Jelaskan pengrtian sikap anti sosial !



                                                                                         Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui :
Kepala Sekolah                                             Guru Bidang Studi





Sigit Rahardja, S.Si                                     ( ………………..)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar