RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO:
1
Mata Pelajaran :
Sosiologi
SMA
: Mahardika
Kelas : X
Materi Pokok : Fungsi
sosiologi sebagai ilmu
Pertemuan Ke- : 1 s.d.
6
Alokasi Waktu : 6 x
pertemuan (12 x 45 menit)
Standar Kompetensi :
- Memahami
perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam
masyarakat
Kompetensi Dasar :
- Menjelaskan
fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan
lingkungan
Indikator :
- Memahami
konsep sosiologi dan antropologi sebagai ilmu dan metode
- Menjelaskan
peran antropologi dalam mengidentifikasi fenomena budaya
- Menjelaskan
organisasi sosial dan dinamika sosial sebagai kajian sosiologi
Alokasi Waktu : 12
jam pelajaran (6 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa
dapat menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
masyarakat
dan lingkungan
B. Materi
Pembelajaran
Fungsi sosiologi
sebagai ilmu
Pertemuan
ke- 1 dan 2
1. Sosiologi
merupakan ilmu pengetahuan tentang pergaulan hidup manusia atau masyarakat
2. Ciri-ciri
sosiologi:
- Bersifat empiris
- Bersifat teoritis
- Bersifat kumulatif
- Bersifat nonetis
3. Sosiologi sebagai
ilmu tidak mengikuti suatu kebenaran mutlak
4. Antropologi adalah
ilmu yang berawal dari catatan para musafir Eropa tentang hal-hal yang
aneh pada masa
bangsa-bangsa yang mereka jumpai dalam pengembaraan mereka
5. Cabang-cabang
antropologi: antropologi biologi, antropologi budaya, etnologi
Pertemuan
ke-3 dan 4
1. Ilmu pengetahuan
antropologi memiliki metode ilmiah untuk menerangkan atau meneliti
suatu kebudayaan
secara ilmiah terutama untuk menjelaskan mengapa fenomena budaya
itu bisa terjadi,
dampak apa yang diakibatkan oleh fenomena tersebut, masyarakat yang
bersangkutan, dan
jalan keluar seperti apa yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah
yang ditimbulkan oleh
fenomena budaya tadi.
2. Sistem sosial
budaya dalam ruang lingkup kajian antropologi:
- Sistem
kepercayaan atau religi
- Sistem
kekerabatan dan organisasi sosial
- Sistem
mata pencaharian dan ekonomi
- Peralatan
dan perlengkapan hidup atau teknologi
- Bahasa
- Kesenian
- Sistem
pengetahuan
Pertemuan
ke-5 dan 6
1. Organisasi sosial
berarti cara membagi para anggota masyarakat ke dalam kelompokkelompok
beserta tata cara
tetap yang mereka ciptakan, jika dipakai sebagai kata kerja,
organisasi sosial
merupakan suatu proses pembentukan kelompok-kelompok dan
pengembangan
pola-pola asosiasi dan perilaku tetap yang kita sebut sebagai lembaga
sosial
2. Organisasi:
organisasi sosial, organisasi formal dan informal, organisasi formal dan
birokrasi
C. Metode
Pembelajaran
Diskusi kelompok,
tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diberi
pemahaman terhadap ilmu sosial
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya
menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami konsep
sosiologi dan antropologi sebagai ilmu dan metode
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog
dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian sosiologi dan
antropologi
2. Dengan metode
inkuiri, melalui contoh soal memahami dan menyebutkan sifat-sifat hakikat
sosiologi
3. Siswa mengerjakan
tugas latihan soal-soal tentang konsep sosiologi dan antropologi
sebagai ilmu dan
metode pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan
guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru
melakukan refleksi
3. Guru memberikan
tugas rumah (PR)
Pertemuan
ke-3 dan 4
Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diajak
mengingat pemahaman terhadap pengertian sosiologi
Motivasi:
Memotivasi akan
pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami peran
antropologi dalam mengidentifikasi fenomena budaya dan sistem sosial
budaya dalam ruang
lingkup kajian antropologi
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog
dan berdiskusi, siswa diajak memahami peran antropologi dan dapat
menyebutkan metode
untuk memecahkan masalah
2. Dengan metode
inkuiri, melalui contoh soal siswa memahami sistem sosial budaya dalam
ruang lingkup kajian
antropologi
3. Siswa mengerjakan
tugas latihan soal-soal tentang peran antropologi dalam
mengidentifikasi
fenomena budaya dan sistem sosial budaya dalam ruang lingkup kajian
antropologi pada buku
lks dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan
guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru
melakukan refleksi
3. Guru memberikan
tugas rumah (PR)
Pertemuan
ke- 5 dan 6
Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diajak
mengingat pemahaman terhadap pemahaman antropologi sebagai ilmu dan
metode
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya
menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami organisasi
sosial dan dinamika sosial sebagai kajian sosiologi
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog
dan berdiskusi, siswa diajak memahami organisasi sosial
2. Dengan metode
inkuiri, siswa dapat memahami dan menjelaskan dinamika sosial sebagai
kajian sosiologi
3. Siswa mengerjakan
tugas latihan soal-soal tentang organisasi sosial dan dinamika sosial
sebagai kajian
sosiologi pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan
guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru
melakukan refleksi
3. Guru memberikan
tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat : -
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- Buku lain yang
relevan
- LKS Tuntas
F. Penilaian
1. Teknik/jenis :
kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen:
pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Metode-metode
sosiologi yang menggunakan metode komparatif adalah ....
a. metode statistik
c. metode studi kasus e. metode penjelasan
b. metode kuantitatif
d. metode edukatif
2. Jelaskan objek
sosiologi!
3. Jelaskan tentang
orientasi sosiologi!
4. Apa yang mendorong
orang berbuat kejahatan?
5. Amati lingkungan
Anda kemudian carilah masalah sosial yang ada. Ungkapkan
permasalahan tersebut
muncul. Berilah analisis Anda!
Perhitungan nilai
akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir =
perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
………………………….
2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sri Wahyuni biasa di panggil Mba Sri, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
BalasHapuspengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro (+6282354640471) katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan togel dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya.Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya,baiknya melalui jalan togel saja.Dan angka yang di berikan beneran tembus ,4607 dan saya dapat 275 juta alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. walaupun ini melalui togel