Sekolah : SMA N 4 Tegal
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas / Program :
X1 / Ilmu Sosial
Semester : I
(Satu)
Standar Kompetensi :
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas
sosial .
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber / Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||
1.1
1.2
1.3
|
Mendiskripsikan bentuk – bentuk struktur sosial dalam
fenomena kehidupan masyarakat .
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam
masyarakat
Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan
mobilitas sosial
|
·
Struktur
sosial:
Diferensiasi dan statifikasi sosial
· Konflik
Sosial
· Hubungan antara srtuktur sosial dengan mobilitas sosial .
|
§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang
diferensiasi dan stratifikasi sosial di masyarakat
§ Secara individu mengamati deferensisasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
§ Secara individu mengamati
stratifikasi sosial dalam kehidupan
masyarakat.
§ Secara kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis,
agama dan gender .
§ Secara kelompok mendiskusikan
macam-macam kriteria stratifikasi
sosial di masyarakat.
§ Secara klasikal
mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang
terdapat di masyarakat
§ Secara individu
menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang
ada di dalam masyarakat
§ Secara individu
mengklasifikasikan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam
masyarakat
§ Secara kelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat
§ Berdiskusi secara kelompok untuk
mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat
§ Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan
§ Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan
kekerasan.
§ Secara klasikal
mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik
di masyarakat
§ Secara kelompk
mensimulasikan sebab –
sebab terjadinya konflik dalam
masyarakat
§ Secara kelompok
memberikan solusi terbaik.
§ Secara klasikal mengamati Visual tentang hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial.
§ Mendiskusikan secara kelompok tentang hasil pengamatan Visual.
§ Menyimpulkan hasil diskusi dari visual tentang hubungan antara struktur
sosial dengan mobilitas sosial
§ Secara individu dapat membedakan mobilitas masyarakat kota dengan
masyarakat desa .
§ Secara individu mengkaji dampak
mobilitas sosial pada kehidupan masyarakat kota melalui visual yang
ditayangkan.
§ Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak
mobilitas sosial.
|
§ Mendiskripsikan
diferensiasi
sosial
§ Mendiskripsikan stratifikasi sosial
§ Mengidentifikasi
diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis , agama , dan gender .
§ Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifi- kasi
sosial di masyarakat
§ Mendiskripsikan
berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial
yang terdapat di masyarakat
§ Membedakan konsolidasi
dan interseksi yang terjadi di dalam
masyarakat
§ Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat
§ Membedakan konflik dengan kekerasan
§ Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya
konflik dalam masyarakat
§ Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
§ Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial
§
Mengidentifikasi
dampak mobilitas social
|
Tugas individu
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan
Tugas kelompok
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Tugas individu
Tugas idividu
Ulangan
|
Portofolio
Laporan tertulis
Laporan hasil diskusi
Laporan
Portofolio
PG dan Uraian
Laporan
Performen
Bermain peran
PG dan Uraian
Portofolio
Portofolio
PG dan uraian singkat
|
4
jam
pelajaran
4
jam
pelajaran
4
jam
pelajaran
4
jam
pelajaran
2
jam
pelajaran
2
jam
pelajaran
6
jam
pelajaran
6
jam
pelajaran
4
jam
pelajaran
2
jam
pelajaran
10 jam
pelajaran
4 jam
pelajaran
2 jam
pelajaran
|
Sosiologi 2, Suatu
pendekatan baru, Kusmono Hadi
Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK,
tim Sosiologi
Sosiologi 2
KBK, Janu M, Grafindo
Buku Yudhistira Kelas X1
Buku
Airlangga Esis, Kelas X1
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI .
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI
Buku Yudhistira Kelas X
Buku Yudhistira Kelas XI
CD
Internet
|
SILABUS
Sekolah : MA PPMI Assalaam
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas /
Program : X1 /
Ilmu Sosial
Semester : 2
(dua)
Standar Kompetensi :
menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber / : Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||
2.1
2.2
2.3
|
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural.
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural .
|
· Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
§ Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media
massa tentang masyarakat multikultural
§ Secara kelompok menggali informasi melalui study kepustakaan dan media
massa tentang penyebab terjadinya masyarakat multikultural
§ Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat
multikultural
§ Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang
keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
§ Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku
bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
§ Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi,
politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial
§ Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok
sosial.
§ Secara individu mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaraman
kelompok sosial.
|
§ Mengidentifikasi ciri – ciri masyarakat .
multikultural.
§ Mengidentifikasi faktor-faktor
yang menyebabkan terbentuknya
masyarakat multikultural.
§ Mendiskripsikan keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat,
tengah dan timur .
§ Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya
terhadap perkembangan kelompok sosial
§ Menjelaskan dengan contoh kasus keaneka -ragaman kelompok sosial.
|
Tugas individu dan kelompok
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas individu
Ulangan
Tugas individu
Ulangan
|
Performan
Laporan
Laporan
Laporan
PG dan Uraian
Portofolio
PG dan uraian
|
4 jam
pelajaran
20 jam
pelajaran
10 jam
pelajaran
5 jam
pelajaran
2 jam
pelajaran
14 jam
pelajaran
2 jam
pelajaran
|
Lauper Robert H 1989
Gambar
Presfektif tentang perubahan sosial budaya
Sosiologi pengantar Kamanto S
Sosiologi SMA Idiantoro
Airlangga
Gambar Peta / Atlas
Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim
Sosiologi
Sosiologi 2
KBK, Janu M, Grafindo
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar