Jumat, 06 Januari 2012

RPP 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO: 3
Mata Pelajaran : Sosiologi
SMA                 : Mahardika
Kelas                : X
Materi Pokok : Proses Interaksi sosial
Pertemuan Ke- : 13 s.d. 18
Alokasi Waktu : 6 x pertemuan (12 x 45 menit)
Standar Kompetensi :
- Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam
masyarakat
Kompetensi Dasar :
- Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan
dinamika kehidupan sosial
Indikator :
- Menjelaskan jenis-jenis interaksi sosial
- Memahami hubungan interaksi sosial dengan status dan peran sosial
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola
keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
B. Materi Pembelajaran
Proses Interaksi sosial
Pertemuan ke-13 dan 14
1. Interaksi sosial ada tiga macam:
- Interaksi antara individu dengan individu
- Interaksi antara individu dan kelompok
- Interaksi antara kelompok dan kelompok
2. Ciri-ciri interaksi sosial:
- Pelakunya lebih dari satu orang
- Ada komunikasi antara pelaku melalui kontak sosial
- Mempunyai maksud atau tujuan yang jelas
- Ada dimensi waktu
3. Berlangsungnya proses interaksi didasarkan pada pelbagai faktor, antara lain faktor imitasi,
sugesti, identifikasi, dan simpati
Pertemuan ke-15 dan 16
1. Bentuk-bentuk interaksi sosial:
a. Kerja sama
b. Persaingan
c. Pertentangan atau pertikaian
d. Penyelesaian
2. Proses asosiatif merupakan suatu kerjasama antarorang per orang atau kelompok untuk
mencapai tujuan bersama
3. Akomodasi sebagai suatu keaadaan, berarti sebagai suatu kenyataan adanya
keseimbangan dalam interaksi orang per orang dalam kelompok manusia sehubungan
dengan norma sosial dan nilai sosial yang berlaku di dalam masyarakat
4. Akomodasi sebagai suatu proses mempunyai beberapa bentuk, yaitu: koersi, kompromi,
arbitrasi, konsiliasi, toleransi
5. Asimilasi merupkaan proses sosial dalam taraf kelanjutannya yang ditandai dengan
adanya usaha untuk mengurangi perbedaan yang terdapat antara orang per orang atau
kelompok masyarakat
6. Kontraversi ditandai dengan adanya sikap ketidakpastian terhadap diri seseorang atau
terhadap suatu rencana
7. Hubungan dan kerjasama dapat dilihat sebagai unsur yang menjiwai pergaulanmaka
dirumuskan, bahwa tata kelakuan sdi lingkungan pergaualan merupakan aturan yang
dimanifestasikan dalam sarana komunikasi dan kerja sama
Pertemuan ke-17 dan 18
1. Pada dasarnya tindakan manusia itu bersendikan pada: kebutuhan biologis dan
kebutuhan dasar psikis
2. Status sosial memberi bentuk dan pola interaksi sosial
3. Peranan sosial ialah pola perilaku yang diharapkan dari seseorang yang memiliki status
tertentu
4. Adapun pembagian macam pola peranan adalah sebagai berikut:
- Peranan ideal
- Peranan yang dianggap oleh diri sendiri
- Peranan yang dikerjakan
5. Setiap individu pada dasarnya mempunyai beberapa peranan. Kadangkalanya peranan itu
sekaligus harus dilaksanakan bersama-sama. Tidakjarang dalam menjalankan beberapa
peran itu individu menghadapi kesulitan
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-13 dan 14
Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diberi pemahaman terhadap bentuk interaksi manusia dengan makhluk lainnya
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami interaksi sosial dalam dinamika sosial budaya
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami macam-macam dan ciri-ciri
interaksi sosial
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal memahami dan menyebutkan faktor-faktor
berlangsungnya proses interaksi dan syarat terjadinya interaksi sosial
3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang interaksi sosial dalam dinamika sosial
budaya pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
Pertemuan ke- 15 dan 16
Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diajak mengingat pemahaman terhadap pengertian interaksi soaial
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami bentuk-bentuk interaksi sosial
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami proses asosiasi, akomodasi,
asimilasi dan akulturasi
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal siswa dapat menyebutkan contoh ciri interaksi
sosial dalam kehidupan sehari-hari
3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang bentuk-bentuk interaksi sosial pada
buku lks dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke- 17 dan 18
Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diajak mengingat pemahaman terhadap hubungan kebutuhan manusia dalam
interaksi sosial
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa
dalam memahami tingkat hubungan interaksi sosial
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami hubungan interaksi sosial
dengan status sosial dan peran sosial
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal siswa dapat menyebutkan konflik status dan
konflik peran
3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang tingkat hubungan interaksii sosial
pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat : -
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- Buku lain yang relevan (LKS)
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Sebutkan yang menjadi kebutuhan sosial, dalam kehidupan sehari-hari!
2. Usaha untuk mengakhiri konflik dengan mengalihkan pada objek bersama disebut
dengan ....
3. Hubungan saling mempengaruhi antara dua individu atau lebih maupun kelompok
dengan kelompok disebut ... sosial.
a. reaksi c. struktur e. interaksi
b. relasi d. proses                                                  
4. Bagaimana pengertian peranan ideal?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)       




                                                                                                                       ………………………….
                                                                                                                       2009
                                                                 Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran
NIP.                                                                                                                 NIP.

1 komentar:

  1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH JAMBRONG dan dia memberikan nomor MBAH JAMBRONG,dia bilan kepada saya kalau MBAH JAMBRONG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH JAMBRONG dan dengan senan hati MBAH JAMBRONG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JAMBRONG di 081=340=887=779 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH MBAH JAMBRONG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya..

    BalasHapus